Pelaksanaan BBGRM ; Kades Sundawenang Tebar Benih Ikan dan Tanam Pohon

SUNDAWENANG-PARUNGKUDA.DESA.ID – Desa Sundawenang Minggu (21/05) Dalam rangka pelaksanaan BBGRM (bulan bakti gotong royong masyarakat), kali ini pemerintah Desa Sundawenang bekerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikana serta didampingi pendamping desa bersama warga desa melakukan kegiatan pelestarian lingkungan desa khususnya aksi pelestarian sepanjang DAS (daerah aliran sungai) Cicatih-Cimandiri.

Kegiatan ini dimulai dengan penyuluhan oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kab Sukabumi  Ir. INDRA di aula kantor Desa Sundawenang tentang teori cara penaburan ikan dan pananaman pohon yang baik, kemudian dilanjutkan dengan penebaran ribuan bibit ikan nila serta penanaman seribu pohon mahoni disepanjang daerah aliran sungai cicatih.

“Kegiatan ini akan terus dilaksanakan setiap tahun dan akan terus memperluas keterlibatan para pihak karena menjaga kelestarian lingkungan merupakan tanggung jawab bersama”. Tegas Wahid (Kades Sundawenang).

“Suksesnya kegiatan ini juga tidak bisa dipisahkan dari kontribusi para pemuda desa yang memiliki kepedulian lingkungan yaitu CADAS (Comunitas Das) Cicatih, Keberadaan kelompok pemuda ini menjadi energi positif bagi desa sundawenang karena tugas berat menjaga lingkungan menjadi lebih ringan karena dibantu oleh komunitas ini”. Lanjut Wahid

“Untuk menjaga kelestarian DAS Cicatih harus berkoordinasi dengan desa-desa yang berada di wilayah hulu Gunung Kalak, karena DAS cicatih yang berada di Desa Sundawenang merupakan wilayah hilir karena air sungai cicatih merupakan limpasan air dari Hulu Gunung Salak. Oleh karena itu kegiatan pelestarian lingkungan ini harus dilaksanakan secara menyeluruh dari desa-desa yang berada di wilayah hulu sampai hilir”. Tegas Idul (Pendamping Lokal Desa)

Kegiatan ini diharapkan bisa memberikan dampak positif bagi terciptanya keseimbangan ekosistem alam khususnya di desa sundawenang serta bisa menjadi pemicu bagi seluruh elemen masyarakat agar sama sama peduli akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan . (dul)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan