Wow Desa Sundawenang Adakan Seminar Parenting :Mendidikan Anak Di Era Digital

Pemberian materi
Pemberian materi

21 Oktober 2018 pukul 12.30 WIB, bertempat di Aula Desa Sundawenang, diselenggarkan seminar parenting sebagai program kerja Desa Sundawenang dalam bidang pemberdayaan masyarakat, dengan menggunakan Dana Desa APBN tahun 2018 tahap 2. Kegiatan ini diisi oleh narasumber bertaraf Nasional, hadir pada pembicara pertama Hj. Hanny Hendrany, S.Kom, MM, NLP (fasilitator/tenaga conseling BNN pusat), dan pembicara kedua Dian Yulianto, SH (ketua KPAI Kab. Sukabumi), dengan mengusung tema “Mendidik Anak Di Era Digital”. Seminar ini diikuti sekitar 50 orang peserta dari berbagai elemen lapisan masyarakat seperti guru PAUD, guru RA, guru TK, Kader Posyandu, ibu-ibu PKK, ibu ketua RT dan RW wilayah Desa Sundawenang.
Dalam pemaparannya Hanny menyebutkan, “anakmu bukan milikmu, mereka putra-putri sang hidup yang rindu pada diri sendiri. Lewat engkau mereka lahir, namun tidak dari engkau. Mereka ada padamu, tapi bukan milikmu”. Keberadaan seorang anak bukan hanya untuk diakui secara fisik dengan memberikan kebutuhan secara lahiriyah saja, akan tetapi terdapat berbagai hak yang sering terlupakan yang harus diberikan oleh orang tua, guru, dan masyarakat sebagai seorang pendidik dalam mendidik anak, untuk mengembangkan potensi kecerdasan spiritual, intelektual dan emosional. sehingga berbagai potensi kreatif yang tersembunyi dalam diri seorang anak dapat terasah sesuai tumbuh kembang anak dan terciptanya kepribadian yang baik. Selaras dengan yang disampaikan oleh Hanny, Dian selaku ketua KPAI Kab. Sukabumi memaparkan, “anak merupakan investasi masa depan yang harus dijaga dan dirawat dari bebagai ancaman yang dapat merusak keadaan mental ataupun fisik anak, pola asuh yang tepat menjadi kunci utama dalam mewujudkan generasi yang berkualitas”.
Wahid S.IP selaku kepala Desa Sundawenang, “melalui seminar parenting dapat memberikan peningkatan wawasan dan pengetahuan masyarakat terutama orang tua dalam mengasuh anak, dapat menumbuhkan kesadaran dan kepedulian terhadap orang tua dan masyarakat penting nya menjaga dan melindungi anak-anak dari segala bentuk ancaman kekerasan yang akan merusak pertumbuhan dan perkembanhan anak baik secara fisik maupun psikis, dapat menggugah sensitifitas masyarakat untuk waspada dan melaporkan ke pihak yang berwenang ketika melihat pelanggaran dan kejahatan terhadap anak, sebagai upaya preventif agar tidak pernah ada kasus di desa Sundawenang yang mengancam kelangsungan hidup dan tumbung kembangya anak-anak warga desa Sundawenang, dan yang terakhir Kegiatan ini merupakan permulaan dari aksi desa dalam menjamin dan melindungi anak-anak dari perlakuan yang salah, kekerasan dan segala bentuk diskriminasi terhadap anak. Program ini akan berlanjut pada pelatihan konseling bagi warga dan pelatihan hukum. Aga warga memiliki kemampuan untuk mengadvokasi dan mengatasi persoalan dirinya dan maayarakat”.
Selain itu seminar yang turut serta dihadiri para guru dari masing-masing satuan pendidikan, menjadi satu momentum untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mendidik dan mengajar, sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan yang ada di wildayah Desa Sumdawenang, dengan menggunakan pola asuh pendididkan yang tepat, terarah, dan sesuai dengan perkembangan zaman sehingga dapat melahirkan tunas-tunas generasi yang cemerlang sebagai penerus bangsa khususnya Desa Sundawenang.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan