KADES SUNDAWENANG: PERESMIAN POSYANDU KENANGA ANGKRONG

Sundawenang, Kamis 10/01/19. Kepala Desa Sundawenang, Wahid,  S. IP.,MH meresmikan posyandu kenanga yang berada di Kp.  Angkrong, posyandu tersebut di bangun dengan anggaran yang bersumber dari Dana Desa (DD)  tahap III Tahun 2018. Yang pelaksnaan di mulai sejak bulan Desember 2018, kemudian diresmikan pada hari ini Kamis tanggal 10 Januari 2019 yang sekaligus bertepatan dengan jadwal pelaksanaan pemberian layanan posyandu bagi masyarkat.

Pada kesempatan tersebut Kepala Desa Sundawenang dalam sambutannya menyampaikan bahwa posyandu memiliki peranan strategis dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat, yang salah satu indikatornya adalah aspek kesehatan. Oleh karena itu posyandu memiliki peranan penting dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat terutam derajat kesehatan ibu dan anak ( ibu hamil dan melahiran serta anak balita)  namun demikian sebenarnya posyandu memiliki fungsi yang lebih luas untuk memberikan layanan kesehatan yang tidak hanya bagi ibu hami dan melahirkan serta anak anak balita,  melainkan posyandu juga dapat menjangkau layanan kesehatan bagi masyarakat yang usia lanjut. Kemudian selain daripada dimensi kesehatan masyarakat meliputi aspek kesehatan fisik dan psikis,  maka untuk tahun 2019 pemerintah desa sundawenang akan memperluas jangkauan layanan yangbdapat diberikan oleh posyandu yaitu laynan konseling psikologi dan layanan advice hukum.

Perluasan layanan posyandu tersebut akan dilakukan dengan memberikan pendidikan dan pelatihan kepada kader posyandu agar memiliki kemampuan untuk memberikan layanan konseling tentang kesehatan rumah tangga,  kesehatan lingkungan serta persoalan persoalan kenakalan remaja dan layanan hukum baik yang menyangkut hukum perkawinan,  masalah KDRT,  masalah perlindungan anak dan perempuan dan masalah masalah hukum lainnya.

Oleh karena itu, untuk mewujudkan program perluasan layanan posyandu tersebut di perlukan komitmen kolektif seluruh elemen masyarakat, sehingga upaya pencapaian derajat kesehatan masyarakat yang tinggi dapat terwujud.

Pada kegiatan persemian posyandu tersebut dihadiri oleh Ketua Tim PKK Desa,  Koordinator Bidan Desa, dan Tokoh masyarakat setempat, serta ibu ibu pemanfaat posyandu Kp.  Angkrong. Melalui kegiatan tersebut masyarakat sangat antusias dan bersyukur atas pembangunan posyandu tersebut yang dinilai sangat representatif jika dibandingkan dengan gedung posyandu sebelumnya yang sangat tidak memadai baik dari segi tempat yang berlokasi dipinggir tebing dan sudah tidak mampu menampung masyarkat yang memerlukan layanan posyandu. Maka dengan pindahan dan pembangunan poayandu tersebut memberikan semangat baru bagi masyarkat untuk datang memeriksakan kesehatnnya.

Adapun sasaran layanan posyandu kenanga mencakup 4 RT 2 RW yaitu RT 40, 41, 42A , 42B. Dengan jumalah balita kurang lebih mencapai 150 balita. 

Kontributor: wahid

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan