DESTINASI WISATA RELIGI DI DESA CIENGANG

Sundawenang,  12/10/1019. Terletak didaerah Cibogo Desa Ciengang Kecamatan Gegerbitung berdiri sebuah mesjid yang cukup megah bernama MASJID BAITUROHMAN

Masjid tersebut dibangun diatas bukit yang cukup tinggi. Sehingga untuk menjangkau kelokasi mesjid memerlukan energi akstra, terutama untuk pejalan kaki yang ingin melewati tangganya. Namun apabila menggunakan kendaraan bermotor bisa menjangkau dengan lebih mudah, karena disediakan fasilitas parkiran yang relatif berdekatan dengan masjid,  meski sarana parkir dan sarana pelengkap lainnya masih terlihat dalam proses pembangunan.

Menurut informasi dari warga sekitar masjid tersebut dibangun sejak tahun 2014 dan diresmikan oleh donaturnya pada bulan Januari 2018. Bagi masyarakat Masjid Baiturohman memiliki daya tarik tersendiri, selain dibangun diatas bukit,  sehingga dapat menyuguhkan pemandangan (view) ka pegunungan dan perkebunan teh yang hijau dan menyegarkan serta semilir angin yang menyejukan, juga mesjid tersebut menyuguhkan berbagai program keagamaan yang dilaksanakan setiap satu minggu sekali,  yaitu kegiatan loma dakwah, lomba qori,  lomba hadroh dan lomba tahfidz. Jadi yang berkunjung ke masjid tersebut selain pengunjung dengan tujuan untuk melihat lihat dan berfoto-foto juga sekaligus para peserta untuk mengikuti perlombaan tersebut.

Untuk sampai kelokasi masjid, dari kantor kecamatan gegerbitung bisa ditempuh sekitar 1,5/2 jam dengan menggunakan kendaraan bermotor melewati perhutanan dan perkebunan teh dan 3 jam jika menggunakan sepeda. Akses jalan kelokasi memang masih belum nyaman jalan yang sudah kembali berbatu artinya aspal sudah terkelulas sepanjang jalan dan ada yang memang belum pernah diaspal sehingga disarankan untuk yang penasaran ingin mengunjungi Masjid Baiturohman agar menggunakan kenadaran sekelas SUV atau kendaran yang agak tinggi.

Meski lokasi Masjid ada diatas bukit dan jalan yang harus ditempuh cukup terjal,  tidak menyurutkan semangat keingin tauan masyarakat untuk menginjakan kakinya di mesjid tersebut, selain untuk ikut beribadah disana juga sebagai alternatif wisata religi bagi masyarakat.

Adapun sarana pelangkap seperti warung dan makanan atau jajanan memang sudah ada tetapi karena terlihat masih dalam proses pengembangan maka ketersediaan fasilitas dan sarana pelengkap masih terlihat seadanya,  dan jika anda ingin memasuki ke wilayah sana meskipun mau kemesjid memang harus membayar semcam retribusi yang dilakukan oleh karang taruna dan biaya parkir disekitar area masjid.

Demikian info wisata religi di Kab.  Sukabumi kami sampaikan, meskipun tidak lengkal semoga informatif bagi anda dan untuk lebih lengkapnya anda bisa datang langsung ke Masjid Baiturohman.

Kontributor: wahid

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan