KADES SUNDAWENANG LUNCURKAN PROGRAM KAMPUNG TEMATIK

Sundawenang, 14-02-2019. Kepala Desa Sundawenang,  Wahid., S.IP.,MH meluncurkan program kampung tematik tahun anggaran 2019.

Kampung Tematik merupakan sebuah upaya pemerintah untuk mengembangkan kawasan ekonomi produktif melalui program budidaya tanaman lada, yang terletak dikampung Sundawenang RT 28 RW 12  Desa Sundawenang Kecamatan Parungkuda.  Program ini digulirkan dengan bertujuan untuk menghasilkan produk unggulan desa berbasis pemanfaatan lahan pekarangan warga dengan menanam lada jenis perdu. Melalui program ini setiap warga atau setiap rumah tangga diwajibkan untuk menanam 10 pohon bibit tanaman lada yang telah disediakan oleh pemerintah Desa Sundawenang melalui fasilitasi Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi dan Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (BALITTRO) Kementerian Pertanian.  Sebanyak 1350 bibit pohon lada disalurkan kepada masyarakat yang dilengkapi dengan penyediaan pupuk organik. Adapaun masyarakat yang menerima manfaat bibit tersebut berjumlah 135 rumah tangga.

Pada kesempayan penyaluran bibit,  dihadiri oleh petugas penyuluh pertanian Kec. Parungkuda yang sekaligus memberikan pengenalan dan penyuluhan terkait budidaya tanaman lada jenis perdu ini,  sehingga dengan penyuluhan tersebut masyarkat memiliki pengetahuan dasar tentang budidaya lada, Kepala Desa Sundawenang mengatakan kegiatan penyuluhan tersebut akan dilakukan secara kontinyu untuk mendukung ketercapaian tujuan program tersebut sehingga dapat memberikan efek manfaat bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat. Kemudian untuk mendukung program kampung tematik tersebut Pemerintah Desa Sundawenang akan membuat POS BACA untuk warga RW 12 dimana POs Baca tersebut akan dilengkapi dengan berbagai media informasi dan buku buku untu mempermudah masyarakat dalam mengembangkan dan meningkatkan pengetahuan.  Pos Baca ini merupakan hasil dari kerjasama Pemerintah Desa dengan Yayasan Cinta Baca. 

Lebih lanjut,  Kepala Desa menyampaikan bahwa kampung tematik ini tidak hanya dilakukan di RT 28 RW 12 saja,, pada tahun ini juga akan dikembangkan kampung tematik program budidaya tanaman pala yang lokasi kegiatan akan dilaksanakan di Kedusunan 4 yang meliputi RT 47 sampai dengan 57 Desa Sundawenang dengan target lahan seluas 10 Ha.

Dalam kesempatan tersebut Kades Sundawenang Bapak Wahid mengatakan bahwa program tersebut pada dasarnya akan berhasil apabila terjalin hubungan yang konstruktif dan komitmen selurih masyarakat yang tidak sebagai objek program tetapi merupakan subjek dari setiap program yang digulirkan oleh pemerintah.  Oleh karena itu perlu ada kebersamaan dan dukungan yang produktif dari seluruh elemen masyarakat dan stakeholder guna mewujudkan kedaukatan pertanian yang pada akhirnya akan tercipta kesejahteraan ekonomi masyarakat.

Program Tematik tersebut juga di lakukan dalam rangka upaya pencapaian Visi Desa Sundawenang yaitu Mewujudkan Masyarakat Desa Yang Berdaya dan Berbudaya.

Kontributor : wahid

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan