RAPAT KOORDINASI KECAMATAN PARUNGKUDA

Sundawenang, 19-02-2019. Pemerintah Kecamatan Parungkuda melaksanakan rapat koordinasi dengan seluruh instansi UPTD/UPTB, MUI,  KUA,  Polsek dan Koramil serta Desa-Desa yang berada lingkungan pemerintah Kecamatan Parungkuda (Desa Sundawenang Desa Pondokkaso Landeuh,  Desa Parungkuda,  Desa Palasari Hikir,  Desa Kompa,  Desa Langensari, Deaa Bojongkojosan Dan Desa Babakanjaya Jaya.  Rapat Koordinasi tersebut merupakan kegiatan rutin setiap satu bukan sekali, dengan rangkaian acara sebagai berikut: penyampaian sambutan Camat,  Sambutan Kapolsek dan sambutan Danramil Parungkuda,  Ekspos program kecamatan, diskusi dan ditutup dengan pembacaan doa.

Rapat koordinasi tersebut dibuka langsung oleh Camat Parungkuda Bpk H.  Amir Hamzah., S. Sos. Yang dalam sambutannya menyampaikan berbagai hal diantaranya:

1. Dalam momentum Pilnas tahun 2019 seluruh Aparatur Sipil Negara atau pegawai negeri sipil harus menjaga netralitas, dan menghindari dari politik praktis.

2.Seluruh penyelenggara pemerintah harus senantiasa sensitif dan responsif dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat sebagaimana yang dicanangkan oleh Bupati Sukabumi bahwa tahun 2019 harus menjadi tahun peningkatan pelayanan.

3. Seluruh elemen masyarakat diharapkan mampu menjaga dan memelihara kebersihan dan kesehatan lingkungan dan senantiasa melakukan penanggulangan terhadap mewabahnya penyakit demam berdarah yang saat ini sedang merebak dihapir seluruh wilayah.

4. Dalam hal perkembangan ekonomi masyarakat, diharapkan UPK (unit pengelola kegiatan)  simpan pinjam kelompok perempuan diharapkan mampu mengatasi persoalan rentenir yang selama ini telah banyak menjerat warga masyarakat. Selain itu juga diharapkan UPK Simpan Pinjam Kelompok Perempuan dapat memberdayakan perempuan dalam meningkatkan pendapatan keluarga.

4. Selanjutnya dalam hal Program Peningkatan Partisilasi Kecamatan dalam pembangunan yang dikenal dengan istilah P3K Bpk Camat menetapkan mekanisme penyaluran dana P3K yang berorientasi pada inovasi,, sehingga dalam penyaluran nya akan dilakukan melalui kompetisi inovasi desa, dimana setiap desa harus memiliki konsep dan pengembangan inovasi dalam penyelenggaraan lemerintahan dan oembangunan serta pemberdayaan masyarakat.  Dengan ketentuan yang ditetapkan oleh Pemerintah Kecamatan Parungkuda.

5. Kemudian dalam rangka menggerakan dan memotivasi masyarakat pemerintah melaksankan gerakan sholat subuh berjamaah keliling.oleh karena seluruh masyarakat untuk senantiasa memakmurkan mesjid melalui gerakan shilat subuh berjamah.

6. Selanjutnya mengenai pelaksanaan perbup 35 tahun 2016 tentang pengelolaan infaq shodaqoh. Diharapkan seluruh pegawai pemerintah untuk menghidupkan kembali gerakan berinfaq dan bersedekah untik membiayai kegiatan kegiatan sosial yang memang belum twrdanai oleh pemerintah.

7. Terkait dengan Izin Mendirikan Bangunan pemerintah kecamatan parungkuda memiliki target sebesar 50 juta. Dan kedelan untuk proses pembuatan IMB akan lebih dipermudah dengan memanfaatan applikasi android.

Pada sambutan kedua disampaikan oleh Kapolsek Parungkuda yang memberikan informasi terkait kondisi kemanan dan ketertiban masyarakat, dimana pada saat ini banyak terjadi tindak kriminalitas seperti pencurian motor (ranmor)  dan pencurian pabrik kosong,  pembobolan ATM serta pwncurian burung beo di bojongkokosan. Oleh karena itu masyarakat senantiasa waspada dan aktif menjaga kemanan melalui ronda keliling.

Kemudian menyikapi tahun politik pilnas tahun 2019 masyarakat harus senantiasa dihimbau untuk menjaga dan memelihara kerukunan sosial jangan sampai ada perpecahan karena perbedaan pilihan. Kemudian dimasyarakat sering kali dilaksanakan kegiatan kegiatan politik sehingga masyarkat dan kepala desa senantiasa berkoordinasi dengan kepolisian untuk menjaga kelancaran dalam pelaksanaannya.  Selanjutnya mengingat pelaksanaan pilnas sudah semakin dekat maka pemerintah desa memperaiapkan dari sekarang petugas keamanan TPS.

Menyikapi tawuran pelajar, diharapkan pemerintah kecamatan menginisasi untuk meningkatkan upaya upaya preventif untuk menangani persoalan tersebut.

Selanjutnya dalam pelayanan SKCK polsek parungkuda saat ini belum bisa memberikan layanan SKCK dikarenakan Supley blanko tersendat.  Namun demikian untuk warga masyarakat yang membutuhkan layanan SKCK bisa datang ke Polres Palabuhanratu.

Terkahir kapsek menyampaikan informasi bahwa saat ini sedang melakukan operasi dan menyelidiki pelaku curanmor sehingga masyarakat harus mengetahui bahwa kegiatan tersebut adalah resmi berdasarkan surat perintah pimpinan kepolisian resort Kabupaten Sukabumi.

Sambutan ketiga disampaikan oleh perwakilan Danramil Parungkuda yang mengingatkan kepada seluruh penyelenggara pemerintah dan masyarakat untuk mensukseskan pilnas tahun 2019 dengan menjaga kemanan dan ketertiban masyarakat. Selanjutnya seluruh masyarakat harus senantiasa dihimbau untuk berhati hati dan waspada terhadap berbagai kemungkinan terjadi bencana alam. Kemudian juga jarus ada upaya upaya yang cepat dalam mengatasi persialan mewabahnya penyakit DBD di Parungkuda.

Selanjutnya pada ekspos program kecamatan yang disampaikan oleh Kasi Sarana dan Prasarana Kecamatan yaitu terkait Perencanaan pelaksanaan program P3K akan dfokuskan ekonomi berbasis kawasan melalui pemberdayaan ekonomi masyarakat desa

Dari program teraebut diharapkan tumbubnya perekonomian masyarakat berbasis pada potensi lokal yang berorientasi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Pada kesempatan rakoor tersebut Kepala Urusan Agama (KUA)  parungkuda menyampaikan informasi terkait dengan layanan pencatatan perkawinan dimana saat ini kementerian Agama meningkatkan layanan pencatatan perkawinan dengan format administrasi baru dan ha diharapkan para kepala desa sebelum memberikan layanan adminitrasi untuk perkawinan terlebih dahulu untuk memvalidasi data kepenudukan yang bersangkutan baik mengenai status perkawinan setelah asal usul keluarga nya yang dibuktikan dengan buku nikah orang tua.

Sekarang ini layanan pencatatan perkawinan dilikaukan berbasis website yang terintwgrasi dengan data kependudukan di dinas terkait.

Kontributor: wahid

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan