Dinas Pemadam Kebakaran: Sosialisasi Sistem Keselamatan Kebakaran Lingkungan

Sundawenang, 19/03/2019

Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Sukabumi laksanakan sosialisasi SKKL (Sistem Keselamatan Kebakaran Lingkungan) di Aula Desa Sundawenang. Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kepala Desa Sundawenang Wahid, S.IP.,MH selaku tuan rumah pelaksanan kegiatan tersebut.

Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan kemampuan masyarakat dalam memitigasi bencana termasuk kebakaran, dengan peningkatan pengetahuan dan kemampuan masyarakat terhadap persoalan kebakaran diharapkan timbul kesadaran dan kepedulian kolektif untuk mencegah dan menghindari potensi potensi yang dapat memicu terjadi kebakaran, bahkan lebih dari itu diharapkan masyarakat mampu melakukan penanganan pertama ketika terjadi kebakaran.

Pada kegiatan tersebut yang menjadi sasaran sosialisasinya adalah warga masyarakat Desa Sundawenang terutama kader kader posyandu, tokoh masyarakat, ketua RT dan RW serta perangkat Desa Sundawenang, dengan narasumber dari Dinas Pemadam Kebakaran dan dari Petugad Keselamatan dan Kecelakaan Kerja (K3) PLN Cibadak.

Pelaksanaan kegiatan tersebut mendapat respon dan apresisasi positif dari seluruh peserta, karena sebagai masyarakat memdapatkan pengetahuan baru dalam menghadapi dan menanngulangi kebakaran. Hal ini juga diapresiasi oleh Kepala Desa Sundawenang, sosialisasi ini sangat penting bahi masyarakat agar warga masyarakat memiliki pengetahuan dan informasi yang cukup terkait penanganan masalah kebakaran yang pada akhirnya diharapkan menimbulkan kesiap siagaan masyarakat dalam menghadapi bencana kebakaran, bahkan masyarakat memiliki pengetahuan untuk tidak bertindak yang dapat menimbulkan potenai kebakaran itu sendiri.

Pada kesempatan tersebut dilakukan juga simulasi atau praktek penanganan saat terjadi kebakaran baik yang disebabkan oleh konsleting aliran listrik maupun yang disebabkan oleh kebocoran tabung gas. Karwna hal ini sering terjadi dimasyarakat. Oleh karena itu dengan simulasi penanganan kebakaran masyarakat tidak lagi panik ketika terjadi kebakaran bahkan justru lebih siap dan sigap dalam menghadapi dan menangani kebakaran itu sendiri.

Selain itu melalui kegiatan tersebut diharapkan terjalin komunikasi yang sinergis antara instansi pemerintah yang berwenang dibidang kebencanaan kebakaran dengan maayarakat, sehingga dengan terjalinnya komunikasi ini diharapkan akan memberikan penangan dan penanggulangan yang cepat dan tepat dalam mengatasi persoalan persoalan kebencanaan kebakaran.

Kontributor: Wahid

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan