PUSKESMAS: LUNCURKAN QUICK WIN

Sundawenang, 2/07/2019. Bertempat di Aula Desa Sundawenang, Puskesmas Parungkuda selenggarakan sosialisasi program quick win (percepatan) pelayanan donor darah.

Sasaran kgiatan sosialisasi program quickwin pelayanan donor darah adalah kader posyandu Desa Sundawenang, Desa Parungkuda dan Desa Bojongkokosan. Dari 3 desa tersebut hadir sekitar 100 orang kader.

Tujuan Sosialisasi Program QuickWin adalah untuk meningkatkan stock darah dalam rangka memenuhi kebutuhan donor darah yang saat ini dari 100 % hanya terpenuhi sekitar 25%. Oleh karena itu dengan pelibatan kader posyandu diharapkan dapat menginventarisir dan mengajak masyarakat untuk mau menjadi pendonor sehingga produksi darah dapat mengimbangi kebutuhan yang begitu tinggi. Terutama kebutuhan donor darah untuk ibu ibu bersalin, dikarenakan angka kematian ibu bersalin yg secara medis disebabkan kekurangan darah masih menjadi persoalan yang belum terselesaikan. Melihat kondisi itu Puskesmas Parungkuda berinovasi untuk melakukan percepatan dalam pelayanan donor darah.

Salah satu upaya percepatan yang dilakukan adalah dengan jemput bola atau lebih proaktif mendatangkan UTD (Unit Transfusi Darah) ke desa-desa. dalam perekrutan calon pendonor Puskesmas Parungkuda melibatkan kader posyandu untuk mengajak masyarakat agar mau menjadi pendonor.

Narasumber pada acara sosialisasi tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Puskesmas Parungkuda. Dr. Nina Suminarsih.

Kontributor: wahid

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan