DESA SEKECAMATAN PARUNGKUDA LAKSANAKAN STUDI LAPANG KE DESA WISATA CIBIRU WETAN DAN DESA CIBURIAL

Sundawenang, 12/09/2019. Badan Kerjasama Desa Kecamatan Parungkuda selenggarakan kegiatan studi lapang ke Desa Cibiru Wetan dan Desa Ciburial Kabupaten Bandung.
Studi Lapang diikuti oleh Seluruh Kepala Desa sekecamatan Parungkuda Kabupaten Sukabumi yaitu Desa Sundawenang, Desa Palasari Hilir, Desa Langensari, Desa Parungkuda, Desa Bojongkokosan, Desa Kompa, Desa Pondokkasolandeuh, dan Desa Babakan Jaya.
Pada kegiatan tersebut, didampingi juga oleh perwakilan DPMD Kab. Sukabumi, Camat Parungkuda dan staf kecamatan, pendamping desa dan perangkat desa dan perwakilan anggota BPD dari maaing-masing desa.
Studi lapang dilaksanakan selama dua hari, dimana hari pertama berkunjung ke Desa Cibiru Wetan dengan fokus studi atau pembelajaran terkait pengembangan program paralegal desa, kades peduli TB/TB Care, Kelompok Wanita Tani /KWT. Konsep penyusunan perencanaan pembangunan melalui program balakecrakan.
Sedangkan di Desa Ciburial yang dipimpin oleh Pejabat Kepala Desa Ojat Kurnia studi lapang difokuskan pada pengembangan desa wisata, dan pengelolaan desa digital dengan memanfaatkan fasilitas informasi teknologi. Wisata yang dikembangman berupa wisata budaya sunda, baik seni tari, pencaksilat dan seni musik tradisiona, dan seni debus. wisata kuliner seperti awug berbahan tepung beras berisi gula merah, tantang angin (nasi dibungous daun bambu) Tahu ciburial yang kaya cita rasa, dan wisata alam yaitu curug batu nyusun yg terletak dikapung batu nyusun yang memang harus digali dan dikembangkan. selain itu di Desa Ciburial ada 2 lokasi wisata alam yang cukup bagus yaitu Tahura (Taman Hutan Raya) Ir. Djuanda dan Tebing Keraton. Di Tahura tersapat berbagai spot wisata seperti goa jepang, goa belanda, miseum taman hutan raya djuanda, pohon pohon yang berumur ratusan tahun, penangkaran rusa, tempat camping panguyangan, outbond.
Dalam melaksanakan studi lapang, selain dilakukan melalui pendekatan workshop para peserta diajak untuk melihat langsung ke lokasi lokasi pelaksanaan progran agar seluruh peserta dapag melihat secara visual keberhasilannya secara faktual.
Studi lapang yanh di fasilitasi oleh BKAD tersebut ditujukan untuk memberikan inspirasi kepada para penggiat desa dalam mengembangkab desanya masing masing dengan kemampuan menjawab tantangan dengan cara cara baru yang kreatif dan inovatif.
Karena pada dasarnya berbagai potensi kemajuan ada setiap desa, namun untuk memicu kemajuan itu perlu ada inspirasi atau motivasi melalui sharing pengalaman dari pelaku pelaku pembangunan desa terutama didesa cibiru wetan dan desa ciburial Kab. Bandung.

Kontributor: wahid

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan