PERESMIAN POSYANDU ALMUHAJIRIN

Sundawenang, 26/10/2019. Berlokasi dikomplek perumahan Bumi Pakuwon Regency, Kepala Desa Sundawenang Bpk. Wahid, S.IP., MH resmikan posyandu baru yang diberinama Posyandu Almuhajirin.
Posyandu merupakan lembaga sosial yang didirikan dari, oleh dan untuk masyarakat dalam upaya meningkatkan kesehatan bersumberdaya masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan dari puskesmas setempat.
Keberadaan posyandu memiliki peranan strategis dalam upaya memberikan layanan kesehatan baik untuk pemeriksaan ibu hamil, tumbuh kembang anak balita bahkan posyandu juga dapat memberikan layanan kesehatan bagi kelompok remaja dan lansia. Karena itu posyandu diharapkan mampu melakukan pembinaan kesehatan terhadap keluarga balita, keluarga remaja dan kuarga lansia yang dikenal dengan istilah BKB, BKR dan BKL.
Posyandu Almuhajirim merupakan posyandu yang didirikan untuk melayani warga masyarakat perumaha dengan sasaran balita mencapai 81 orang. Dimana posyandu tersebut akan beroperasi memberikan layanan setiap satu bulan sekali pada tanggal 26.
Dalam pembukaan kegiatan tersebut kepala desa mengungkapkan bahwa posyandu merupakan fasilitas sosial yang didirikan oleh dan untuk masyarakat, sehingga seluruh warga masyarakat mempunyai tanggungjawab untuk menjaga, memelihara dan memanfatkan posyandu untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Selain itu diharapkan kader posyandu bersemangat dan tekun dalam memberikan layanan kepada masyarakat, begitu juga bagi ibu ibu yang sedang memiliki anak balita harus rutin membawa anak anaknya ke posyandu untuk memastikan perkembangan dan pertumbuhan anaknya agar tumbuh ideal. Karena kesehatan merupakan variabel penting dalam pembangunan Manusia.
Pada acara tersebut dihadiri oleh petugas kesehatan ( Bidan Koordinator Kecamatan, Bidan Desa, Petugas Kesehatan Lingkungan), selain itu hadir perwakilan dari BKKBD, TP PKK Desa, Kader Posyandu seluruh desa, daj para Ketua RW dan RT.
Dalam acara leresmian posyandu yang sekaligus dimulainya pemberian pelayanan terhadap balita juga di lakukan pemberian Makanan Tambahan (PMT) oleh Ketua Tim Penggerak PKK Desa Sundawenang Ny. Rika Wahid. Dengan pemberian PMT tersebut diharapkan dapat meningkatkan rasa keinginan dan semangat bagi warga masyarkat untuk membawa anak anaknya ke posynadu. Selain itu diberikan merchandise oleh kepala desa kepada kader kader poayandu yang baru.
Seluruh warga masyarakat merasa senang dengan dibukanua posyandu sehingga mempermudah warga dalam mendapatkan layanan keesehatan ujar seorang yang membawa anaknya untuk di timbang berat badannya.

Kontributor: wahid

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan