SOSIALISASI CADANGAN PANGAN DESA

Sundawenang, 27 November 2019. Dinas Katahanan Pangan Kabupaten Sukabumi selenggarakan kegiatan sosialisasi Cadangan Pangan Pemerintah Desa ( CPPD). Cadangan Pangan Pemerintah Desa adalah persediaan pangan yang dikuasai dan dikelola oleh pemerintah desa, yang pada prinsipnya sebagai upaya untuk menjamin ketersediaan dan kecukupan pangan pokok yang memenuhi syarat kemanan, mutu, gizi bagi konsumsi masyarakat terutama dalam kondisi menhadapi kedaruratan akibta bencana alam.
Peserta sosialisasi cadangan pangan desa dihadiri oleh para kepala desa dan yang mewakili dari 30 desa yang tersebar di wilayah utara Kab. Sukabumi.
Sosialisasi cadangan pangan desa merupakan kegiatan yang ketiga kali yang dilaksanakan di tahun anggaran 2019 ini.
Acara sosialisasi di buka oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Sukabumi. Dalam sambutannya mengemukakan bahwa pemerintah mulai dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten termasuk desa harua hadir pada saat masyarakat membutuhkan terlebih pada saat masyarakat menghadapi bencana.
Selain Kepala Dinas Pangan. Hadir juga Kasi Keuangan Dinas DPMD Kab. Sukabumi Bpk Dudung Abdilah yang sekaligus menyampaikan materi terkait alokasi keuangan desa, yang mengemukakan bahwa komposisi alokasi dana desa tahun 2020 teridir dari :
1. Alokasi Dasar sebesar 69.00%
2. Alokasi Afirmasi sebesar 1.50 %
3. Alokasi formula sebesar 20.00%
4. Alokasi kinerja sebesar 1.50 %
Melalui alokasi dana desa yang masuk ke Desa diharapkan dapat membiayai kebutuhan cadangan pangan pemerintah desa sebagaimana diatur dalam Undnag undang No 18 Tahun 2012 tentang Pangan, yang mengamanatkan bahwa didesa perlu di bentuk cadangan pangan pemerintah desa (CPPD) yang dapat mengatasi kebutuhan pangan masyarakat terutama pada saat terjadi kedaruratan akibat bencana alam. Selain itu juga Undang undang tersebut memberikan ruang kepada maayarakat untuk membentuk Lumbung Pangan Masyarakat (LPM) yaitu kesiapan masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan pangan saat terjadi bencana alam yang berbasis masyarakat.
Sehingga dengan adanya Cadangan Pangan Pemerintah Desa (CPPD) dan atau Lumbung Pangan Masyarakat (LPM) dapat menjamin ketersediaan pangan bagi masyarakat.

Kontributor: Wahid

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan