INOVASI LAYANAN POSYANDU DESA SUNDAWENANG

Sundawenag, 30/11/2019. Bertempat di Aula Desa Sundawenang. Kepala Desa Bapak Wahid, SIP., MH luncurkan program POSYANDU PLUS. Program tersebut merupakan program inovasi desa dengan mengembangkan layanan posyandu, selain melayani bidang kesehatan juga dapat memberikan layanan konseling dan konsultasi dan advokasi hukum, baik terkait dengan hukum perkawinan, hukum ketenaga kerjaan, hukum perlindungan anak dan perempuan, hukum perlindungan konsumen, hukum kesehatan dan lain lain.
Dalam peluncuran program POSYANDU PLUS tersebut di buka secara resmi oleh Sekmat Parungkuda Bapak Habiburohman. Yang diawali dengan kegiatan Diklat Hukum, yang di ikuti oleh 35 peserta yang terdiri dari unsur kader PKK desa, kader posyandu dan guru PAUD.
Diklat Hukum yang diselenggarakan merupakan program pemberdayaan perempuan yang mengangkat tema ” membangun keberdayaan perempuan dalam menghadapi masalah masalah hukum”. Kegiatan tersebut di danai dari Dana Desa Tahun 2019.
Adapun tujuan diselenggarakan kegiatan tersebut adalah untuk membangun keberdayaan masyarakat khususnya kaum perempuan dibidang hukum. Sehingga dengan keberdayaan hukum diharapkan masyarakat secara mandiri mampu mengadvokasi dirinya sendiri terlebih orang lain, selain itu mampu memberikan layanan konsultasi hukum kepada warga masyarakat melalui pengembangan layanan posyandu.
Lebih lanjut. Kepala Desa Sundawenang mengungkapkan bahwa goal setting dari kegiatan tersebut adalah dalam rangka membentuk paralegal desa. Dimana dengan membentuk paralegal desa diharapkan dapat memberikan wawasàn dan pengetahuan terhadap masyarakat terkait dengan hukum dan mampu memberikan pendampingan saat warga masyarakat berhadapan dengan hukum.
Dalam mengembangkan kapasitas pralegal desa guna menyukseskan program tersebut pemerintah Desa Sundawenang membangun kemitraan dengan Perguruan Tinggi seperti Fakultas Hukum Universitas Djuanda Bogor, Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Dharma Andigha, Pengadilan Agama dan Praktisi Hukum.

Kontributor: Wahid

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan