PERUMAHAN BPR KEMBALI LONGSOR

Sundawenang, 07/12/2019. Kembali terjadi longsor susulan setelah sebelumnya sekitar jam 18.00 terjadi di komplek perumahan BPR Sundawenang. Longaor susulan ini terjadi sekitar pukul 02.00 WIB saat warga penghuni perumahan tertidur lelap. Karena hujan lebat yang tak kunjung reda akhirnya dengan debit air yang deras 3 rumah yang terletak di Blok BG4 hancur tertimbun longsoran tanah. Diantara rumah yang rusak akibat longsor tersebut adalah rumah milik Bapak Milki, rumah milik bapak Sule dan rumah milik Bapak Fadilah.
Kajadian tersebut selain karena hujan deras juga diduga karena kondisi tanah yang labil karena memang tanah tersebut bekas urugan dan tidak dibuat turap atau tembok penahan tanah, sehingga ketika ada tekanan air hujan masuk maka terjadilah longsor sepanjang 100 m dan ketinggian mencapai 30 m.
Sebagai upaya penanganan kedaruratan pemerintah Desa Sundawenang melalui saluran Telpon meminta kepada pihak pengembang untuk segera ditangani khusunya bagi warga perumahan yang rumahnya sudah tidak dapat tempati dengan merelokasi ke rumah yang lebih aman untuk di tinggali, selain itu pemerintah Desa Sundawenang pun memberikan bantuan bahan bahan makanan pokok untuk menunjang penanganan kondisi kedaruratan.
Berdasarkan hasil komunikasi dengan pihak pengembang, pihaknya bersedia untuk menangani maslah tersebut dan menyatakan tidak akan merugikan kinsumen rumah.
Selain itu perlu penanganan kedaruratan, bencana ini juga harus menjadi perhatian pemeribtah khususnya dinas dinas terkait untuk mengkaji dan mengevaluasi pengembangan pengembangan perumahan, dan memastikan agar lokasi lokasi yang di beri izin pengembangan perumahan memiliki kelayakan huni karena apabila lokasi yang diberi izin tidak memiliki kelayakan huni maka akan terjadi hal yang serupa.
Lebih lanjut Kepala Desa Sundawenang menghimbau kepada seluruh warga masyarakat aga meningkatkan kewaspadaan karena sekaranag intensitas hujan sudah semaki tinggi. Kemudian kepada pemerintah dalam hal ini dinas sosial, dinas BPBD agar lebih cepat melakukan penanggulangan terhadap warga masyarakat yang terkena musibah tersebut.

Kontributor: wahid

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan